Dibuka Gubernur Riau, Rakorda Baznas Riau Targetkan Masyarakat Miskin Di Riau Berkurang

Posted by On Wednesday, January 18, 2017


PuteraRiau.Com I Pekanbaru ---- Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman membuka Rapat Koordinasi Daerah (rakorda) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)  Se-Provinsi Riau  Sekaligus secara simbolis menyerahkan zakat kepada Siswa kurang mampu yang dilaksanakan di Gedung Daerah Provinsi Riau (17-1-17) malam.

 Dalam acara ini hadir Ketua Baznas Provinsi Riau,  H. Yurnal Edward, sekdaprov Riau, Ahmad Hijazi, Direktur Zakat Kemenag RI,  Tarmizi Tohor, Tokoh Masyarakat Riau,  HR. Maizir Mit SE MBA, Forkopimda, Pimpinan SKPD Prov Riau, para pengurus BAZNAS Provinsi serta perwakilan dari Kabupaten/ kota se-Riau.

"Rakorda baznas ini dalam rangka era kebangkitan zakat di Riau. Malam ini kita memberikan zakat sekitar 130 orang anak kurang mampu dengan jumlah zakat Rp. 774.300.000, kita minta kepada bapak Gubernur Riau secara simbolis untuk penyerahan zakat, " ujarnya Ketua Baznas Riau, Yurnal Edward.

Kedepannya dengan zakat melalui baznas ini semoga zakat semakin membudaya,  profesional,  tepat guna dan berdaya guna dengan mengikuti perkembangan zaman yakni menggunakan teknologi terkini.

2017 ini target 1% Riau dapat mengurangi angka kemiskinan riau.  Riau memiliki potensi zakat yang besar,  namun belum disalurkan dan dikelola dengan baik.  2016 inj zakat sekitar 88 M.  Target 2017 sebesar 1 T.

"Dari sekarang mari kita mencoba membuat semangat yang lebih tinggi untuk menghimpun zakat dan membawa jiwa zakat seluruh masyarakat riau," katanya.

Menurut Direktur Zakat Kemenag RI,  Tarmizi Tohor,  Baznas sangat membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan di Riau. "Zakat itu menurut saya  adalah potensi pengembangan ekonomi dalam pengentaskan kemiskinan.  Potensi zakat di Indonesia mencapai 217 T per tahun.  Kalau zakat terprogram maka banyak orang miskin terbantu. Kedepan kita harapkan dibuat setiap skpd di riau UPZ yakni Unit Pengumpulan Zakat agar setiap pegawai dapat menyalurkan zakat pada tempat yang tepat," sebutnya.

Gubernur Riau,  Arsyadjuliandi Rachman mengatakan bahwa pemerintah prov Riau sangat mendukung program yang dibuat oleh Baznas.  Dan kedepan pihaknya akan segera membentuk UPZ disetiap SKPD agar zakat diProvinsi Riau dapat terkumpul dan penyalurannya tepat sasaran.

Sementara itu,  Tokoh Masyarakat Riau,  HR. Maizir Mit mengatakan Zakat Merupakan perintah bagi agama islam untuk membersihkan harta. "Dan sebagai umat islam maka kita harus mengeluarkan zakat itu, karena didalam harta kita ada hak orang lain yang harus kita berikan. Selama ini kita berzakat masih ragu dan bingung kemana kita salurkan. Namun dengan adanya Baznas ini adalah tempat yang tepat dan jelas serta diakui negara. Kita sebagai amil memiliki persepsi dan pemahaman bahwa zakat itu wajib. Kita juga harus menyamakan persepsi bahwa berzakat itu untuk membersihkan harta, selain berguna untuk orang lain zakat juga berguna untuk diri kita sendiri,” ujar Maizir Mit.

"Untuk itu marilah kita mempererat persaudaraan dalam mengentaskan kemiskinan di Provinsi Riau dengan salahsatu cara berzakat,  sesuai program Baznas Provinsi Riau dalam pengentasan kemiskinan di Riau ini. Sehingga tidak ada yang tidak makan dan tidak sekolah di negeri kita ini jikalau kita semua sadar akan zakat di dalam harta kita, " tutup Maizir Mit. (Fadil)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »