Bupati HM Wardan : " Kalau Ada Satker Tak Kerja Laporkan Pada Saya "

Posted by On Thursday, January 19, 2017

Tembilahan, (puterariau.com)
    Bupati Indragiri Hilir HM Wardan menyesalkan tindakan pejabatnya di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang anti kepada wartawan. Apalagi hal ini berdasarkan laporan-laporan yang telah disampaikan rekan media padanya. Untuk kedepan ia berharap agar SKPD tidak alergi terhadap wartawan. Jika masih ditemukan Bupati akan memberi warning dan ia sudah memerintahkan Kadis Kominfo untuk membuat surat edaran akan hal tersebut.
      Hal tersebut disampaikan Bupati ketika bersilaturahmi kepada sejumlah rekan media di Studio GTV Jalan Akasia Tembilahan pada Rabu (18/01). Sosok pemimpin yang komunikatif ini cukup menyesalkan adanya informasi demikian. Kedepan, orang nomor satu di negeri seribu jembatan ini akan lebih meningkatkan peran pers yang sangat dibutuhkan saat ini.
       "Saya ada dapat laporan bahwa pejabat kita di SKPD yang sulit ditemui, sulit dihubungi dan terlebih lagi awak media kesulitan untuk mendapatkan data yang akurat," sebutnya. Ia menjelaskan bahwa keberadaan wartawan sangat penting sebagai penyambung informasi kepada masyarakat. Begitu juga sebaliknya, informasi di lapangan yang belum tersentuh pemerintah, dapat menjadi masukan bagi pemerintah dan stake holder lainnya.
       "Pemkab tidak bisa bekerja sendiri tanpa ada bantuan pihak lain, salah satu diantaranya adalah wartawan," katanya.

SKPD Seakan Takut Dengan Wartawan
      
 Dalam pantauan Putera Riau selama ini, beberapa pejabat yang ada di SKPD terkesan sulit ditemui rekan wartawan. Ada beberapa asumsi, yakni takut atau memang alergi terhadap pers, ataupun memang belum terbiasa berhubungan dengan insan pers itu sendiri. 
      Dalam perbincangan dengan beberapa rekan, membenarkan adanya kesulitan mencari data, fakta dan keterangan dari SKPD yang ada. Yang paling menjadi sorotan adalah dinas PU yang memang selama ini dianggap sebagai gudang masalah. Alasannya, karena dinas PU lebih terlihat kasat mata secara publik oleh seluruh elemen yang ada. 
      "Yang paling sulit meminta data dan keterangan ya di dinas PU, mencari pejabatnya shubuh hari kalau dapat," ujar salah satu rekan wartawan mingguan baru-baru ini.
      Namun apa yang disampaikan tersebut bukan tanpa dasar, sebab beberapa kali Putera Riau menjenguk ke dinas PU Inhil, kerapkali tak ditemui pejabat yang berkompeten terhadap suatu permasalahan yang ada. Hal ini yang perlu menjadi pertimbangan dan masukan bagi Pemerintah, khususnya oleh Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan dalam membenahi sikap jajarannya.
       Selain itu, perlunya diubah 'mindset' pejabat yang mengatakan bahwa 'ada udang dibalik bakwan' terhadap kehadiran wartawan dalam wawancara. Sebab, tugas wartawan itu sangat penting dalam memberikan informasi yang akurat, detil, dan terpercaya serta jujur dalam kebenaran bukan semata karena ada embel-embel yang lain. 
      Dengan adanya silaturahmi yang diadakan oleh Bupati HM Wardan saat ini, merupakan langkah baru yang sangat mendukung dunia jurnalistik kedepan. Diharapkan dengan demikian, akan terjadi komunikasi dua arah, baik dari pemerintah ke pers maupun dari pers ke pemerintah, Pemkab Indragiri Hilir khususnya. (Adv/beni/hms)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »