Bapenda Pekanbaru Gagas Parkir Berbasis Elektronik Untuk Meningkatkan PAD Pekanbaru

Posted by On Sunday, January 22, 2017


Pekanbaru, puterariau.com I ---- Pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai salah satu dari Catur Cita yang digagas oleh Drs. H. Azharisman Rozie, M.Si pada saat menjabat  Kepala Dinas Pendapatan Daerah diputuskan untuk tetap dilanjutkan programnya walaupun Organisasi Perangkat Daerahnya telah berubah nama menjadi Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru. Karena dinilai masih relevan dengan tuntutan pekerjaan. Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru Drs. H. Azharisman Rozie, M.Si bersama jajarannya  berniat untuk mencapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2017 ini. Berbagai strategi dan langkah terus dirumuskan untuk merealisasikan capaian target sebelas pajak daerah yang menjadi tupoksinya, termasuk target dari sektor perparkiran.

Menindaklanjuti instruksi Kepala Badan Pendapatan Daerah  Azharisman Rozie,  maka diadakan pertemuan guna membahas pengelolaan parkir tepi jalan berbasis elektronik (TPE) bersama Dishub, pihak perbankan dan PT. Mata Biru.  Pertemuan dipimpin oleh Sekretaris Bapenda Drs. H. Kendi Harahap, MT, dihadiri Kepala Dinas Perhubungan ARIPIN. HR, SH, Kepala Bidang dan Kasi lingkup Bapenda seperti Andri Yulius Hamidy, ST, M.Si, ; Hj. Dahliani, SE, M.Si, ; Yusniar, S.Sos, ; Darmawan Putra, S.Kom. Selain Kadishub juga terlihat Kabid Angkutan Darat Sunarko, Kepala UPTD Parkir Bambang Armanto, SH beserta Kasub TU Sarwono. Terlihat juga  Marina dari Bank Riau Kepri, Ardian Chaikal dari Bank bjb serta M. Octhan Akbar dari Bank BNI. Sementara itu dari PT. Mata Biru sebagai vendor dihadiri langsung oleh VP PT. Mata Biru Kemas Ilham, Direktur Operasional Adithya P. Susetya serta beberapa orang staf.

Kendi Harahap menyampaikan sejatinya sistim pelayanan berbasis IT bukanlah hal yang baru di lingkungan Bapenda, karena Bapenda juga telah melakukan terobosan dan menjalin kerja sama dengan beberapa pihak mengenai sistem pelayanan pembayaran pajak daerah secara online sebagai pengejawantahan program Catur Cita. Pelayanan berbasis IT merupakan suatu hal yang wajib diadakan dan merupakan tuntutan zaman  di era teknologi sekarang ini. Bapenda sebagai koordinator penerimaan PAD, memposisikan diri pada pertemuan ini  sebagai mediator, karena tupoksi yang berkaitan dengan retribusi parkir tepi jalan  secara teknis dikelola oleh Dinas Perhubungan, melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Parkir Dishub Kota Pekanbaru.

Pada kesempatan exposenya Kemas Ilham dari PT. Mata Biru  menyampaikan bahwa mereka adalah perusahaan pengelola jasa parkir yang telah berhasil mempelopori berlakunya sistim parkir modern di Indonesia yang berbasis online dengan teknologi komputerisasi terkini. Keunggulan perusahaannya  telah terbukti menekan angka kebocoran parkir, dan menjamin  peningkatan PAD. Sebagai illustrasi mereka berhasil meningkatkan penerimaan parkir di Jalan Sabang Jakarta Pusat dari  Rp. 500.000,- menjadi Rp. 12 juta /hari, dan di Kelapa Gading dari Rp. 4,7 juta menjadi Rp. 45 juta/hari. Mereka telah beroperasi di Jakarta, Bandung dan Palembang. Kemas Ilham juga mengaku telah mengadakan kajian untuk perparkiran tepi jalan berbasis elektronik (TPE) untuk kota Pekanbaru di ruas jalan Tuanku Tambusai,  Ahmad Yani, Sudirman, Ir. H. Juanda, Cut Nyak Dhien dan di SKA Mall serta Pasar Bawah. Dari kajiannya diperoleh data untuk ruas jalan diatas sedikitnya dibutuhkan 121 mesin TPE dengan ketersediaan total Satuan Ruang Parkir (SRP) mobil sebesar 4200 SRP.

Setelah mendengarkan paparan tersebut Kendi Harahap memimpin forum dialog dan tanya jawab seputaran teknik operasional, bentuk kerjasama, baik dari pihak perbankan maupun dari Dishub sendiri. Banyak hal yang didiskusikan oleh peserta rapat.  Pada prinsipnya peserta rapat yang hadir tertarik dengan pemaparan yang ada dan akan menindaklanjutinya. Terakhir Kendi berharap agar program parkir tepi jalan berbasis elektronik ini dapat terlaksana setelah mendapat persetujuan pimpinan dan meminta kepada yang terkait untuk mengadakan kajian secara komprehensif dengan berpedoman kepada regulasi yang ada agar penerimaan PAD dari sektor parkir ini dapat ditingkatkan. (adv/fadil/dci) .







Next
« Prev Post
Previous
Next Post »