Alhamdulillah, Kantor Balai Nikah dan Manasik Haji Pertama Di Riau Akhirnya Diresmikan Bupati Inhil

Posted by On Tuesday, January 17, 2017


PuteraRiau.Com I Tembilahan ---- Bupati Inhil HM Wardan menghadiri peringatan HAB (Hari Amal Bhakti) ke-71 yang dilaksanakan Kementrian Agama sekaligus peresmian kantor balai nikah dan manasik haji Kecamatan Tembilahan pada Selasa (17/01).

Acara ini juga dihadiri oleh Kakanwil Kemenag Propinsi Riau, Drs.H.A Supardi SH MA, Wakil Ketua DPRD Inhil Ir.H Syahruddin, Unsur Forkompinda, Ketua MUI beserta alim ulama, tokoh masyarakat serta Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Inhil.

'Lebih dekat melayani umat' merupakan tema yang diangkat pada peringatan HAB ke-71 tahun 2017 ini dimana Kecamatan Tembilahan akhirnya memiliki kantor balai nikah dan manasik haji yang cukup representatif ditandai dengan pembukaan papan selubung dan pengguntingan pita oleh Bupati HM Wardan dan Kakanwil Kemenag Propinsi Riau.

Kakanwil Kemenag Propinsi Riau, Dr.H.A Supardi,SH MA mengatakan bahwa kehadiran departeman agama merupakan departemen yang hadir lebih awal dan terbentuk 4 bulan 15 hari sesudah kemerdekaan RI.

Hal ini menunjukkan bahwa departemen agama sangat dibutuhkan oleh Indonesia dan ini menunjukkan perbedaan Indonesia dengan negara lain bahwa Indonesia mesti diurus secara khusus melalui departemen agama.

Disamping itu, departemen agama dan kementrian agama sudah membantu pembangunan Indonesia melalui 5 program pokok Kementrian Agama yakni ; peningkatan ritual beragama, peningkatan kualitas kerukunan beragama, peningkatan kualitas pendidikan agama dan keagamaan, peningkatan pelayanan ibadah haji, dan peningkatan tata kelola pemerintahan.

Bupati Inhil HM Wardan saat diwawancarai wartawan mengatakan bahwa dengan diresmikannya kantor Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Tembilahan, tentunya semua harus bersyukur karena kementrian agama memprioritaskan Kecamatan Tembilahan untuk membangun kantor yang representatif dan pertama di Propinsi Riau.

"Kita berharap kantor ini dapat berfungsi dengan baik sesuai dengan fungsinya disamping sebagai kantor balai nikah dan manasik haji. Kita juga manfaatkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan organisasi keagamaan dan masalah-masalah umat bagaimana kita meningkatkan hubungan antar beragama," sebut HM Wardan.

Tak lupa pula Bupati HM Wardan menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan aktifitas-aktifitas keagamaan. "Dengan demikian mudah-mudahan negara Indonesia akan tenteram dan aman," kata Bupati. (adv/humas/beni)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »