Untuk Peningkatan PAD, Juru Sita Pajak Dispenda Pekanbaru Dilantik

Posted by On Thursday, December 15, 2016

Puterariau.Com I Pekanbaru ----- Kepala Dinas Pendapatan Daerah  Drs. H. Azharisman Rozie, MSi melantik 12 (dua belas) orang Juru Sita Pajak Daerah pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru di Aula kantor Walikota Pekanbaru. Pelantikan ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Juru Sita Pajak Daerah yang dilaksanakan pada 14 sampai dengan 18 November 2016 yang lalu. Pelantikan ini juga menindaklanjuti Surat Keputusan Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 1611 tahun 2016 tanggal 25 November 2016 tentang Penunjukan dan Pengangkatan Juru Sita Pajak Daerah pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru.


Hadir pada acara ini perwakilan DJP Pajak Riau Kepri, Kepala SKPD atau yang mewakili, Camat se Kota Pekanbaru, Kepala UPTD Dipenda. Dari Kepala SKPD terlihat  seperti Kepala Dinas Perindag Drs. Ingot Ahmad Hutasuhut, Kepala BPKAD Alex Kurniawan, SP, MSi.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru,  Azharisman Rozie mengatakan bahwa berdasarkan UU nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah pada pasal 102 (2) menegaskan bahwa penagihan pajak dengan surat paksa dilaksanakan berdasarkan peraturan perundang-undangan. Guna melaksanakan penagihan dengan surat paksa perlu ditunjuk juru sita pajak oleh Pejabat Penagihan Pajak Daerah. Memenuhi ketentuan tersebut melalui Keputusan Walikota Pekanbaru Nomor 646 tahun 2016 tanggal 24 November 2016 Walikota Pekanbaru telah menunjuk Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru sebagai Pejabat Penagihan Pajak Daerah, yang salah satu tugasnya adalah mengangkat dan memberhentikan juru sita pajak daerah.


Selanjutnya Haris sapaan akrab Azharisman Rozie menyampaikan bahwa juru sita pajak adalah pelaksana tindakan penagihan pajak yang meliputi penagihan seketika dan sekaligus, pemberitahun surat paksa, melaksanakan penyitaan dan penyanderaan. Oleh karena itu Haris minta kepada juru sita yang telah dilantik untuk  segera bekerja sesuai dengan tupoksinya. “Saya minta Senin depan juru sita sudah action di lapangan, dalam bertugas Saudara hendaknya mengedepankan prinsip-prinsip tegas dalam bersikap namun santun dalam bertutur serta menjunjung tinggi integritas.  Diharapkan dengan memanfaatkan waktu yang tersisa menjelang tutup tahun ini juru sita pajak memberikan kontribusi yang signifikan dalam peningkatan penerimaan Pendapatan Asli Daerah” tegas Haris. "Jadilah juru sita pajak daerah yang profesional, bersikap jujur, berdedikasi tinggi dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas yang ada di pundak saudara sekalian. Selamat atas pelantikan Saudara dan selamat bertugas,"  tegas Haris. (fadil/rls/hms)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »