Razia Sepihak, Bea Cukai Disinyalir Pakai Jurus Coba-Coba

Posted by On Friday, December 30, 2016

Sungai Guntung, (puterariau.com)
Pada Kamis, 29 Desember 2016 lalu, Bea Cukai melakukan penggeledahan pada setiap penumpang yang ada di pelabuhan Sungai Guntung. Dalam informasi yang diterima, Bea Cukai juga memeriksa tas dan barang-barang penumpang seperti wortel, cabe dan tomat. Hal itulah yang menjadi kontroversi bagi sejumlah warga yang mengetahui hal ini, dimana tak kurang jelasnya tupoksi pemeriksaan Bea Cukai yang disebut-sebut berasal dari Batam tersebut.

 Misalnya yang terjadi pada Kapal Tengiri tujuan Batam-Sungai Guntung dan Kapal Rahmat Jaya tujuan Batam-Tembilahan. Sumber putera riau menyebutkan bahwa barang-barang yang disita Bea Cukai tidak ada tanda terima pada pihak yang punya barang alias main ambil saja. Alasan penyitaan adalah mana tau ada narkoba di dalam barang tersebut. Artinya, kerja Bea Cukai seakan coba-coba mana tau ada, bukan karena informasi yang A1.

 Menjadi pertanyaan warga adalah bagaimana prosedur pemeriksaan dari Batam oleh Bea Cukai, sebab kalau kapal itu bisa berangkat tentulah sudah melewati prosedur pemeriksaan. "Anehnya, setelah lepas dari Batam, dikejar ke Guntung, masih diperiksa pula," ujar sumber PR.

 Berarti terdapat pemeriksaan yang tidak maksimal di Batam sehingga harus mengulang pemeriksaan kembali di Inhil. Hal ini langsung dikonfirmasi putera riau pada Kapolsek Kateman, Kompol Bainar SH MH seputar adanya pemeriksaan tersebut.

 Kapolsek Kateman, Kompol Bainar membenarkan hal itu. Menurut Kapolsek, seharusnya Bea Cukai berkordinasi dengan pihak Kepolisian terkait pemeriksaan dan penggeledahan. Dalam hal ini, ia menyayangkan ketidaksinkronan Bea Cukai dengan petugas Kepolisian. Kapolsek juga menyebut ada kesan arogansi oleh Bea Cukai Batam terkait pemeriksaan terhadap warga. Pihak Kepolisian cukup menyayangkan tindakan Bea Cukai yang main sendiri dalam melaksanakan tugas tanpa ada kordinasi sehingga cukup meresahkan warga masyarakat. (ridho)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »