Pemkab Inhu Dukung Penuh Penobatan Sultan Indragiri

Posted by On Friday, December 23, 2016



Rengat, puterariau.com ----- Rencana penobatan Sultan indragiri yang jauh hari direncanakan mendapat respon dan dukungan penuh dari Pemkab Inhu. Untuk melestarikan khasanah budaya,  adat istiadat menurut Permendagri Pasal 39 tahun 2007 maka penobatan sultan ini dianggap sangat penting.

Saat rapat koordinasi Forum kekerabatan Kesultanan Indragiri dengan Pemkab Inhu,  Jumat 23/12/16 di aula Bappeda Pemkab Inhu dipimpin oleh wakil Bupati Indragiri Hulu,  H. Khairizal SE,  MSi dan ketua FKKI,  HR Maizir Mit SE MBA serta dihadiri Kepala Dinas, Kabag, serta instansi terkait, LAM Inhu,  Ketua pelaksana penobatan sultan,  R.  Iskandar Rab,  Humas FKKI,  Fadila Saputra dan pengurus FKKI lainnya. 

Agenda rapat ini adalah untuk menyamakan persepsi dan koordinasi tentang rencana dan kesiapan penobatan Sultan Indragiri. 

Bupati Inhu, H. Yopi Arianto SE melalui Wakil Bupati Inhu,  H.  Khairizal SE,  MSi mengatakan sangat mendukung dan siap sepenuhnya mengadakan penobatan Sultan Indragiri. 

 "Ini adalah even bersejarah yang akan kita adakan. Dan ini tidak bisa dilakukan berulang ulang, yang akan dinobatkan ini bukan calon Sultan melainkan putra mahkota Kerajaan Indragiri, " ujar wabub. 

Dikatakannya lagi,  bahwa pihak Pemkab Inhu akan mengadakan rapat kecil setelah ini untuk mempersiapkan secara matang penobatan Sultan Indragiri ini.

Ketua Forum Kekerabatan Kesultanan Indragiri,  HR Maizir Mit SE MBA sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan Pemkab Inhu terutama Bupati Inhu,  Yopi arianto dan Wakil Bupati Inhu,  Khairizal serta jajarannya yang siap membantu dalam mengadakan acara adat penobatan Sultan Indragiri ini.  

"Penobatan sultan ini adalah untuk melestarikan adat istiadat dan budaya Indragiri sebagai simbol adat resam khasanah negeri kita. Sultan indragiri yang akan dinobatkan adalah pewaris syah keturunan langsung Sultan Indragiri,  dan ini telah disepakati oleh seluruh keluarga besar keturunan Kerajaan Indragiri, "ujar Maizir. 

Maizir berharap dengan adanya simbol budaya adat istiadat Sultan Kerajaan Indragiri ini akan dapat menjadikan ikon budaya tahunan yg menjadi destinasi wisatawan sejarah  agar berkunjung ke Inhu. 

Menurutnya itu akan sejalan dengan majunya perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Inhu. (Beni)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »