Kepala BPTPM Pekanbaru : Muhammad Jamil

Posted by On Wednesday, December 14, 2016

Sejak Januari 2016, Nilai Investasi ke Pekanbaru Mencapai Rp1,2 Triliun



Puterariau.Com I Pekanbaru -- -Badan Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal (BPT-PM) Kota Pekanbaru mencatat, sejak Januari 2016 nilai investasi di Pekanbaru sudah mencapai Rp1,2 triliun.

"Saat ekonomi nasional lesu, Pekanbaru masih bisa eksis dengan masuknya investasi sebesar Rp1,2 triliun," kata Kepala BPT-PM Pekanbaru, M. Jamil.

Diuraikan, jenis investasi berbagai bentuk, seperti kesehatan, pendidikan, perumahan, perdagangan, jasa dan sebagainya. Tahun ini, nilai investasi yang masuk ke Pekanbaru didominasi sektor jasa dan perdagangan. "Jasa perhotelan dan properti juga mulai masuk sejak ada IMB sementara ini," tuturnya.

Diakui, nilai investasi yang masuk saat ini masih jauh dari yang diharapkan. Awal 2016, pemko mematok target investasi sebesar Rp2 triliun. "Investasi yang ada sekarang masih jauh dari harapan. Mudah-mudahan target tersebut bisa tercapai sampai akhir bulan ini," harap M. Jamil seperti dikutip dari antara.

Belum maksimalnya investasi yang ada, kata M Jamil akibat terkendalanya pengesahan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW). "Terganjalnya pengesahan RTRW menjadi penyebab belum maksimalnya investasi di Pekanbaru. Namun, sejak dikeluarkanya IMB sementara nilai investasi mulai meningkat," katanya.

Sebelumnya Pemerintah Kota Pekanbaru menyebutkan, sampai akhir Desember 2014 nilai investasi mencapai Rp4,093 triliun atau jauh melebihi pencapaian tahun sebelumnya yang hanya Rp1,3 triliun.

Berdasarkan survei yang pernah dilakukan Universitas Indonesia tahun 2013 terhadap kota-kota di Indonesia dan Kota Pekanbaru dijadikan tujuan investasi terbaik nomor satu bagi para pengusaha. Hal itu terlihat nyata dari kondisi pesat nya pertumbuhan ekonomi dan investasi.

Walikota Pekanbaru non aktif, Firdaus MT mengatakan, peluang investasi di Kota Pekanbaru sangat tinggi. "Mulai dari yang kecil hingga berskala besar di sektor kuliner, pembangkit listrik, perhotelan hingga industri turunan kelapa sawit. Selain itu, peluang investasi lain nya yakni perumahan, baik perumahan kelas menengah maupun perumahan elit. Malahan saat ini semakin banyak rumah toko (ruko) yang berkembang di Tampan, Tenayan Raya dan Rumbai," kata Firdaus. (fadil/rls)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »