HR. Maizir Mit SE MBA : "Hormati Melayu Dalam Menyambut Tahun Baru Demi Kebhinekaan Indonesia"

Posted by On Tuesday, December 27, 2016


Puterariau.Com I Pekanbaru ----Sebagaimana dengan tahun-tahun sebelumnya, momen menyambut tahun baru dijadikan sebagai ajang pelaksanaan berbagai kegiatan suka cita. Bagi warga di Riau, tak sedikit mereka yang merayakan momen itu dengan berbagai acara. Namun perlu digarisbawahi bahwa negeri Riau adalah negeri Melayu yang sarat dengan nuansa islami. Oleh karena itu, semua pihak harus menghormati kebhinnekaan tersebut sebagai implementasi sikap tepa selira berbangsa dan bernegara.

 Dalam hal menyambut tahun baru 2017 yang tinggal beberapa hari lagi, Presiden Joko Widodo secara nasional pun menghimbau dan mengingatkan pentingnya memberikan perhatian khusus keamanan dan ancaman, khususnya terorisme. Hal itu disampaikan Presiden Joko widodo dalam rapat terbatas yang dihadiri Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya, Wapres Jusuf Kalla, Menko Polhukam Wiranto, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko PMK Puan Maharani, Mensesneg Pratikno dan Seskab Pramono Anung belum lama ini.

 Selain itu turut hadir pula Kepala Staf Presiden Teten Masduki, Mendagri Tjahyo Kumolo, Menkominfo Rudiantara, Menkes Nila F Moelek, Menkeu Sri Mulyani, Menlu Retno Marsudi, Menhub Budi K Samadi, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Panglima TNI Gatot Nurmantyo, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

 Presiden Joko Widodo meminta kepada jajaran TNI dan Polri untuk bekerja sama dalam mengatasi gangguan keamanan dan ketertiban serta ancaman terorisme yang saat ini memang sedang menjadi perbincangan global.  

 Sementara itu, pada Jumat (23/12) lalu, Gubernur Riau H.Arsyad Juliandi Rachman bersama Kapolda Riau, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara dan unsur forkompinda Riau melakukan sidak kesiapan Pos Pam Operasi Lilin 2016 yang berlokasi di depan Ramayana Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru. Hal itu dilakukan bertujuan untuk mengecek langsung kesiapan petugas pos dalam pengamanan menjelang tahun baru 2017.

Tokoh masyarakat Riau, HR Maizir Mit SE MBA menghimbau pada seluruh pihak untuk menjaga keamanan dan ketertiban dalam rangka menyambut tahun baru 2017. "Kita sangat menghargai seluruh jajaran TNI dan Polri yang bertugas tanpa kenal lelah dalam menjaga keamanan dan ketertiban kita, oleh karena itu kita harus bersama-sama saling menjaga daerah ini," himbaunya.

 Sebagaimana diketahui, negeri Riau adalah negeri Melayu yang sangat menjaga etika dan kerukunan. Negeri ini sangat heterogen, namun diminta jangan karena kemajemukan tersebut malah masyarakat menjadikannya sesuka hati. "Keberagaman kita harus dihiasi dengan sikap saling menghormati dan menghargai sesama warga," kata Maizir.
 
 Melayu yang identik dengan dunia islami sangat terbuka terhadap siapapun yang ada di daerah Riau. Namun, jangan karena saking toleransinya budaya Melayu, membuat warga luar lupa daratan. Karena prinsip kebhinnekaan itu sesungguhnya ada di negeri Lancang Kuning sejak tempo dahulu. "Kita harus jaga kebhinnekaan dan mari kita saling menghargai," pintanya. (beni)
 
 
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »