Dispenda Kota Pekanbaru Bersolek Demi Kenyamanan Masyarakat

Posted by On Thursday, December 29, 2016

PuteraRiau.Com I Pekanbaru ---- Menjelang tutup akhir tahun 2016 ada tampilan yang berbeda di ruang tunggu Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru dari yang biasanya. Ruang tunggu  disulap lebih asri dengan sentuhan artistik yang dilengkapi dengan fasilitas teranyar sehingga serasa bak berada di lobby hotel berbintang. Puterariau saat mengurus pajak pun serasa takjub karena nyaman dan asri,  didampingi pelayanan prima dan ramah serta cepat urusannya rasa berada di lobby hotel berbintang, apatah lagi tersedia pula “juadah” dan air mineral gratis, serta siaran televisi berbagai channel,  sehingga menunggu antrianpun tidak merasa  bosan”  sebutnya. Konsep “memanjakan wajib pajak” yang selalu didengungkan oleh Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru sejak mulai bertugas di Dipenda 6 (enam) bulan yang lalu, secara perlahan dan terprogram mulai ditapaki selangkah demi selangkah. Hal ini dapat diamati dari beberapa contoh konkrit yang telah dilakukan.  Diawali dengan mengupgrade data objek dan wajib pajak, memanjakan wajib pajak dengan pembayaran PBB melalui ATM, mendidik dan mencetak juru sita pajak, dan memperpaharui tampilan front office .  Langkah konkrit ini semua tergabung dalam semangat “Catur Cita” yang meliputi  yakni tersedianya data base, pemanfaatan teknologi informasi, Pembinaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia dan Sarana dan prasarana pendukung.
cam-5
Ditemui di ruang kerjanya, Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru Drs. H. Azharisman Rozie, MSi menjelaskan sekilas tentang hal tersebut. Menurut Haris sapaan akrabnya,  Catur Cita lebih diposisikan sebagai langkah prioritas dalam bekerja yang dikemas menjadi  jargon motivasi guna mengarah kepada pencapaian visi Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru yakni  “Terwujudnya peningkatan pendapatan asli daerah melalui optimalisasi pemungutan serta pelayanan pajak daerah yang efisien, transparan dan akuntabel menuju terwujudnya kota Pekanbaru sebagai kota metropolitan yang madani”. Dengan konsep Catur Cita ini diharapkan dapat dibangun kesamaan pandangan dan pola sikap dalam menyusun program dan kegiatan  kongkrit demi tercapainya apa yang menjadi cita-cita SKPD ini.
dd
“Itu semua sudah kita mulai secara berangsur sesuai dengan kemampuan keuangan daerah” jelas Haris. Sebelumnya kita telah melakukan kerjasama dengan Bank Riau Kepri, Bank bjb dan Bank BNI dalam pembayaran pajak secara online. Masyarakat sudah bisa membayar langsung pajaknya melalui Bank tersebut, sehingga secara tidak langsung juga mendukung program anti korupsi yang digadang-gadang pemerintah akhir-akhir ini. Bahkan untuk membayar PBB pun cukup dengan bertransasksi melalui ATM BNI saja. Suatu kemudahan yang ditawarkan kepada wajib pajak warga Pekanbaru.  Memperbaharui tampilan front office ini juga  merupakan bahagian dari Catur Cita keempat, yakni meningkatakan sarana dan prasarana pendukung dalam  upaya untuk memanjakan wajib pajak dengan menciptakan  suasana ruang tunggu  yang nyaman dan asri . Harapan kita dengan suasana baru ini para wajib pajak dapat merasa lebih betah dalam menunaikan kewajibannya sehingga bermuara kepada peningkatan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) beber Haris.  Semoga masyarakat wajib pajak Pekanbaru dapat menikmati layanan kami ini tutup Haris. (fadil/rls)
hjvv



















Next
« Prev Post
Previous
Next Post »