Cara Sederhana Atasi Stres: Atur Pernapasan

Posted by On Thursday, December 15, 2016

Ilustrasi / Net


Puterariau.Com I Jakarta ---- Stres memiliki efek yang merugikan bagi tubuh dan hal ini bisa dirasakan oleh semua orang. Nah, untuk mengatasi stres, bisa dilakukan cara sederhana yakni mengatur pernapasan.


Nah, mengatur pernapasan bisa dilakukan salah satunya melalui yoga. Diungkapkan aktor sekaligus praktisi yoga, Anjasmara, yoga memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh seperti bisa membuat seseorang lebih mengenal kondisi tubuh, melenturkan diri dan meredakan stres. Sehingga, tak heran jika salah satu cara untuk meredakan stres yakni dengan tarikan napas.


"Sebagai manusia pasti nggak bisa menghindari stres. Tapi saya bisa me-manage stres menjadi lebih indah dengan yoga yang mengatur pernapasan," tutur Anjasmara dalam acara 'Brand Activation Prodia 'Yakin Sudah Merasa Sehat?' di FX Lifestyle Center, Senayan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.


Anjasmara memberi contoh pengaturan pernapasan ketika stres. Seperti dengan melakukan tarikan napas yang dalam dengan hitungan lima detik kemudian menghembuskan napasnya.

"Lakukan hal ini (mengatur tarikan napas) aja. Insya Allah tingkat stres kita akan ter-manage lebih baik," ucap suami aktris Dian Nitami ini.

Dikutip dari Medical Daily, Madhumita Murgia dalam video TED-Ed berjudul 'How Stres Affects Your Brain' mengatakan olahraga dan meditasi bisa mencegah dampak stres pada tubuh. Misalnya saja penyusutan otak akibat meningkatnya hormon kortisol ketika stres.

"Dengan olahraga dan meditasi stres bisa membantu menjadikan seseorang menjadi lebih sadar dan fokus terhadap sekitarnya. Selain itu olahraga dan meditasi bisa meningkatkan ukuran otak dan menajamkan daya ingat," pungkas Murgia. (detik/rls)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »