Dandim 0314 Inhil Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Posted by On Thursday, November 10, 2016



PuteraRiau.Com, Tembilahan ----Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir menggelar peringatan Hari Pahlawan, Kamis (10/11/16). Momentum ini harus dijadikan motivasi meneladani semangat perjuangan para pahlawan. Komandan Distrik Militer (Kodim) 0314/ Inhil Letkol Inf J Hadiyanto bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan yang digelar di Lapangan Jalan Gajah Mada Tembilahan. Upacara ini diikuti Ketua DPRD Inhil, unsur Forkopimda, Asisten dan Staf Ahli Bupati serta pejabat di lingkungan Pemkab Inhil.

Peringatan 10 November 2016 ini mengangkat tema 'Rela Berkorban Tanpa Pamrih, Pantang Mundur dan Percaya Kepada Kemampuan Diri Sendiri adalah Sikap Para Pahlawan'.

"Peringatan Hari Pahlawan harus mampu menggali apinya, bukan abunya. Dengan meminjam ungkapan Bung Karno, semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang, berjuang mati-matian dengan penuh idealisme dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi," ungkap Dandim J Hadiyanto membacakan sambutan Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa.

Disebutkan, Semangat Kepahlawanan adalah semangat persatuan, persatuan yang bulat-mutlak dengan tiada mengecualikan sesuatu golongan dan lapisan. Semangat Kepahlawanan adalah semangat membentuk dan membangun negara.

Setiap zaman memiliki tantangannya tersendiri. Dan oleh karena itu, setiap zaman harus mengembangkan respon kepahlawanan yang sesuai dengan zamannya.

Setelah Indonesia merebut kemerdekaannya, Semangat Kepahlawanan tidak cukup hanya dengan mempertahankan patriotisme defensif.

"Kita butuh patriotisme yang lebih positif dan progresif. Patriotisme sejati bukan sekadar mempertahankan melainkan juga memperbaiki keadaan negeri. Untuk keluar dari berbagai persoalan bangsa hari ini, patriotisme progresif dituntut menghadirkan kemandirian bangsa tanpa terperosok pada sikap anti-asing," pesannya.

Usai upacara, dilanjutkan dengan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Yudha Bhakti, Parit 7 Tembilahan Hulu yang dipimpin oleh Kapolres Inhil AKBP Dolifar Manurung dan diikuti peserta upacara peringatan Hari Pahlawan. (rtc/pr)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »